Senin, 29 September 2008

time best seller

sebelumnya gw mo ngasih tw klo yang bakal gw tulis ny adalah hasil karya dari seorang penulis terkenal yakni spencer johnson....gw cuma ingin u pda ngambil hikmah dari hasil karya beliau...
who moved my cheese....


suatu ketika di zaman dulu, hidup empat tokoh yang berlarian di dalam labirin mrncari cheese untuk kesejahteraan dan kebahagiaan mereka. dua diantaranya adalah tikus yang bernama sniff dan scurry, dua lainnya adalah kurcaci sebesar tikus yang berpenampilan dan bertingkah laku sama seperti manusia pada saat ini. namanya adalah hem dan haw.

karena ukuran mereka yang kecil, dengan mudah terlewatkan apa yang sedang mereka lakukan. namun jika kita lihat lebih dekat. anda akan menemukan hal yang sangat luar biasa. setiap hari tikus dan kurcaci tersebut menghabiskan waktu mereka di dalam labirin mencari cheese kesukaan mereka. tikus-tikus, sniff dan scurry yang hanya mampu berpikir sejauh otak binatang pengerat itu berpikir namun dikaruniai naluri yang baik, mencari cheese keras berlubang-lubang sama seperti yang dilakukan tikus-tikus lainnya.

sementara itu kedua kurcaci, hem dan haw menggunakan otak mereka . yang dipenuhi dengan berbagai dogma dan emosi. mencari cheese yang berbeda itu cheese dengan C besar yang mereka percaya sebagai pembawa kebahagiaan dan kesuksesan.

namun meskipun berbeda kurcaci dan tikus mempunyai hal-hal yang sama. setiap pagi masing-masing akan mengenakan pakaian jogging dan sepatu lari mereka, meninggalkan rumah kecil mereka . berlomba lari menuju labirin mencari cheese favorit mereka.

labirin tersebut terdiri dari lorong-lorong berkelok-kelok dan ruang-ruang yang beberapa di antaranya berisi cheese yang lezat. namun demikian ada pula sudut-sudut gelap dan jalan yang tak bertuan yang menyesatkan. sehingga mudah sekali bagi siapa saja tersesat di dalamnya.

sementara itu, bagi mereka yang telah menemukan jalan. terdapat rahasia-rahasia yang membuat mereka bisa hidup senang.
tikus-tikus, sniff dan scurry . menggunakan metode trial and error dalam mencari cheese. mereka berlari ke satu lorong dan jika ternyata kosong. mereka berbalik dan mulai mencari di lorong yang lain. mereka mengingat lorong mana saja yang tidak menyimpan cheese dan dengan cepat pindah ke daerah lain. sniff bertugas melacak jejak cheese dengan mengendus-endus menggunakan hidungnya yang hebat, sedang scurry yang akan berlari terlebih dahulu, seperti dugaan anda mereka pernah juga salah arah dan sering menabarak tembok. namun tak lama kemudian mereka akan menemukan kembali jalan yang benar.

sama seperti tikus,kedua kurcaci. ham dan haw, juga menggunakan kemampuan berpikir dan belajar dari pengalaman mereka. namun mereka bergantung pada otak mereka yang kompleks dalam mengembangkan metode menemukan cheese.

kadang mereka berhasil, namun sering kali kepercayaan dan emosi manusiawi mereka yang kuat mengambil alih dan mengaburkan cara mereka melihat suatu permasalahan. hal itu menyebabkan hidup di labirin semakin rumit dan penuh tantangan .

walupun begitu mereka semua. sniff, scurry, hem dan haw menemukan dengan cara masing-masing dalam mencari apa yang mereka inginkan. pada suatu hari, mereka menemukan cheese kesukaan mereka di salah satu ujung lorong cheese station C......(to be continued)

Tidak ada komentar: