Kamis, 14 Oktober 2010

time - civil info : VERY LARGE FLOATING STRUCTURE (VLFS's)

SOURCE  : Techo Konstruksi Magazine (29th edition)

VERY LARGE FLOATING STRUCTURE (VLFS's)
"Struktur Terapung Alternatif Pengembangan Pantai Yang Tahan Gempa"

Konsep Struktur Terapung atau yang sering disebut dengan "Very Large Floating Structure (VLFSs)"  selain menjadi alternatif pengembangan wilayah pantai di wilayah pantai disamping reklamasi, juga mampu bertahan saat terjadi gempa, karena struktur mengapung di atas air dan dapat bertahan dari kerusakan bangunan.

Desain struktur yang mampu melindungi dari bencana alam seperti gempa, adalah sebuah struktur yang kokoh, tahan gempa dan berbobot ringan, serta dapat mengapung di atas air. desain struktur sperti inilah yang kini mulai dikembangkan oleh para ahli di bidang terkait, untuk memaksimalkan penggunaan lahan dan meminimalkan kerusakan saat terjadi gempa. dengan sistem struktur tersebut, dapat menyelamatkan manusia dan barang - barang yang berada pada bangunan dan mampu menghindarkan kerusakan dari struktur itu sendiri saat terjadi gempa.
pengembangan wilayah pantai, selalu menarik perhatian banyak pihak. karena, selain dapat dijadikan sebagai akselerator finansial suatu negara, pantai juga berpotensi besar untuk menyelesaikan permasalahan pengembangan wilayah, melalui kegiatan reklamasi tidak terlepas dari intervensi manusia, maka aktivitas tersebut tentu dapat memberikan dampak buruk terhadap keseimbangan lingkungan. sehingga, berpotensi besar memicu terjadinya perubahan ekosistem. selain itu, biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit, khususnya untuk kegiatandreging.

sebagaimana diketahui, setiap pengembangan wilayah pantai hampir dipastikan akan menelan biaya besar dan memerlukan teknologi tinggi, karena terkait dengan berbagai kepentingan. pendek kata, pekerjaan pengembangan wilayah pantai merupakan suatu megaproyek, baik dari sisi investasi dan wujud fisik struktur yang ditangani.

karena itu, para ahli di bidang struktur kini terus melakukan inovasi untuk mendapatkan sistem struktur yang mampu diaplikasikan secara efektif dari sisi pembiayaan maupun teknologi dalam rangka pengembangan wilayah pantai, tanpa mengganggu ekosistem pantai dan menimbulkan kerusakan lingkungan. salah satu sistem struktur yang kini secara intensif diujicoba dan dilakukan pengembangan, adalah konsep struktur terapung atau yang sering disebut dengan VLFSs.

Dalam konsep struktur terapung ini, secara umum terdapat perbedaan yang sangat mendasar dibandingkan proses pembangunan struktur bangunan di darat ( land-bases structures) . Struktur bangunan darat, proses pembangunannya sejak tahap awal hingga akhir dilakukan di tempat yang sama. Sebaliknya, struktur terapung, apapun jenisnya dibangun atau difabrikasi di tempat yang berbeda dengan lokasi akhir tempat instalasinya. Perbedaan kondisi inilah yang menyebabkan perbedaan proses pembangunan dan teknologi yang diperlukan dalam aplikasinya.


megafloat (floating city)
3D Design
3D Design
Proyek Pembangunan Struktur Terapung
3D Design
Metode Aplikasi

Tidak ada komentar: